Strategi STP BBC

APA ITU STP?



STP adalah kepanjangan dari strategi, targeting, dan positioning yang digunakan sebagai proses penetapan yang harus dilalui pada tahapan pembuatan bisnis.
salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.
https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/4/f/4f8453371ee46e5155dea3d537ac4ba15a641cfe.png
1. Segmentasi Pasar (segmenting)
segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Syarat segmentasi yang efektif pada STP:
  1. Measurable (terukur)
  2. Substansial (banyak)
  3. Accessible (dapat diakses)
  4. Differentiable (dapat dibedakan)
  5. Actionable (dapat dilayani)
Pengelompokan dari segmenting: 
https://i0.wp.com/ilmumanajemenindustri.com/wp-content/uploads/2019/12/Pengertian-Segmentasi-Pasar.png?resize=640%2C280
  1. Sementasi geografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan lokasi geografis misalnya suatu desa, kota, provinsi, ataupun negara. 
  2. Segmentasi demografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kondisi demografis misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan pekerjaan. 
  3. Segementasi psikografis adalah adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kelompok gaya hidup tertentu. 
  4. Segmentasi perilaku adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan tingkah laku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi suatu produk.
2. Penentuan Pasar Sasaran (targeting)

https://global-uploads.webflow.com/5e0bc356eae07eaf2480c9c5/63c00d3b95f4a82e2f3176d6_Behavioral%20Targeting%20Hero%20Image.jpg

setelah mengidentifikasi segmentasi pasar langkah selanjutnya adalah mengevaluasi untuk menargetkan pasar agar sesuai kebutuhan konsumen dan laku dipasaran. ada beberapa penerapan yang bisa dapat dilakukan diantaranya:

Undifferentiated Marketing

Undifferentiated marketing merupakan sebuah kegiatan dimana bisnis melakukan penelitian pada pasar global dan fokus pada bagaimana sebuah produk dikemas untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Strategi ini bertujuan agar perusahaan mampu menyesuaikan kebutuhan konsumen dalam upaya untuk penghematan ongkos produksi perusahaan. Ini juga menjadi sebuah cara untuk menentukan strategi go-to-market Anda agar audiens mau membeli produk Anda ditengah beragamnya kompetitor.

Differentiated Marketing

Differentiated marketing adalah sebuah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan identifikasi terhadap sebuah kelompok audiens dengan membaginya kepada beberapa kelompok. Ketika menggunakan strategi ini, maka perusahaan harus mampu untuk menghadirkan produk yang berbeda dari masing-masing target pasar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang dimiliki.

Concentrated Marketing

Concentrated marketing adalah sebuah strategi targeting pasar yang fokus pada pemasaran sebuah produk kepada satu target pasar yang memiliki klasifikasi sebagai audiens potensial dan berpeluang melakukan pembelian. Strategi ini bertujuan untuk memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya. Pemasaran ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat kegiatan pemasaran dengan mengkhususkan produk, promosi dan penjualan.

3. Penentuan Produk (positioning)
https://vocasia.id/blog/wp-content/uploads/2021/11/brand-positioning-.jpeg
positioning adalah strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak konsumen agar brand mengandung arti tertentu dan mencerminkan keunggulan terhadap produk serta merek dalam bentuk hubungan asosiatif. Positioning dilakukan sesuai dengan segmen pasar yang dipilih pada targeting. Representasi produk dalam positioning dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik segmen pasar. Sehingga calon konsumen dalam segmen pasar tersebut merasa terkait dengan produk perusahaan atau merasa sesuai dengan kebutuhannya.

STRATEGI STP BLOCK BLOCK CHOCOLATE


1. Segmenting
  • Segmentasi demografis dari makanan ini ditujukan untuk calon konsumen berusia 6-40 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Harga dari produk ini juga terjangkau yaitu, Rp 15.000.
  • Segmentasi geografis dari produk ini disasarkan kepada semua murid dan guru di sekolah Maitreyawira.
  • Segmentasi psikografis ditargetkan kepada mereka yang menyukai makanan manis, serta halal dan vegetarian.
  • Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang sering jajan makanan manis seperti cokelat.
2. Targeting
  • Anak sekolah di smk Maitreyawira.
3. Positioning 
  • Makanan cokelat yang enak dan terasa kenyal saat dimulut.
DESKRIPSI PRODUK



Block-Block Chocolate ini terbuat dari bahan yang premium, dan di olah secara massal. BBC ini memiliki rasa yang manis dan juga ada pahit-pahitnya.

Sekian dari Blog analisis SWOT Block-Block Chocolate, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Sekian Terimakasih.


Dikutip dari :





















Komentar