APA ITU STP?
- Measurable (terukur)
- Substansial (banyak)
- Accessible (dapat diakses)
- Differentiable (dapat dibedakan)
- Actionable (dapat dilayani)
- Sementasi geografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan lokasi geografis misalnya suatu desa, kota, provinsi, ataupun negara.
- Segmentasi demografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kondisi demografis misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan pekerjaan.
- Segementasi psikografis adalah adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kelompok gaya hidup tertentu.
- Segmentasi perilaku adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan tingkah laku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi suatu produk.
Undifferentiated Marketing
Undifferentiated marketing merupakan sebuah kegiatan dimana bisnis melakukan penelitian pada pasar global dan fokus pada bagaimana sebuah produk dikemas untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Strategi ini bertujuan agar perusahaan mampu menyesuaikan kebutuhan konsumen dalam upaya untuk penghematan ongkos produksi perusahaan. Ini juga menjadi sebuah cara untuk menentukan strategi go-to-market Anda agar audiens mau membeli produk Anda ditengah beragamnya kompetitor.
Differentiated Marketing
Differentiated marketing adalah sebuah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan identifikasi terhadap sebuah kelompok audiens dengan membaginya kepada beberapa kelompok. Ketika menggunakan strategi ini, maka perusahaan harus mampu untuk menghadirkan produk yang berbeda dari masing-masing target pasar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang dimiliki.
Concentrated Marketing
Concentrated marketing adalah sebuah strategi targeting pasar yang fokus pada pemasaran sebuah produk kepada satu target pasar yang memiliki klasifikasi sebagai audiens potensial dan berpeluang melakukan pembelian. Strategi ini bertujuan untuk memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya. Pemasaran ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat kegiatan pemasaran dengan mengkhususkan produk, promosi dan penjualan.
- Segmentasi demografis dari makanan ini ditujukan untuk calon konsumen berusia 6-40 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Harga dari produk ini juga terjangkau yaitu, Rp 15.000.
- Segmentasi geografis dari produk ini disasarkan kepada semua murid dan guru di sekolah Maitreyawira.
- Segmentasi psikografis ditargetkan kepada mereka yang menyukai makanan manis, serta halal dan vegetarian.
- Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang sering jajan makanan manis seperti cokelat.
- Anak sekolah di smk Maitreyawira.
- Makanan cokelat yang enak dan terasa kenyal saat dimulut.
Komentar
Posting Komentar