Lunch Box Jerami Gandum
selanjutnya saya akan membahas terkait strategi pemasaran Analisis swot, STP dan Marketing mix secara umum dari produk Lunch Box Jerami Gandum.
1. Analisis Swot
Apa itu Analisis Swot?
SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).
Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu.
Berikut adalah contoh gambar produk dari Lunch Box Jerami Gandum.
Selanjutnya adalah Analisis Swot dari Lunch Box Jerami Gandum
1. Streght (kekuatan)
- Dibuat dari Bahan berkualitas dan ramah lingkungan dengan teknologi bioplastik sehingga aman untuk digunakan.
- Memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 1000 ml.
- Memiliki pengunci yang kuat sehingga tidak mudah tumpah.
- Memiliki bahan yang tebal.
- Ada tempat khusus untuk menaruh sendok sehingga lebih praktis.
- Sendoknya terbuat dari plastik sehingga kurang efektif jika ingin memotong daging.
- Memiliki 3 varian warna yang cantik yaitu biru, pink, dan juga hijau.
- Memiliki bahan yang tebal dan bisa tahan di microwave dampai dengan 100 derajat celcius.
- Memiliki harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 75.000- Rp 100.000
- Produknya kurang dikenal di masyarakat.
2. STP (Strategi, Targeting, Positioning)
Pengertian dari Stp
STP adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu. STP yang digunakan sebagai proses penetapan yang harus dilalui pada tahapan pembuatan bisnis.
- Measurable (terukur)
- Substansial (banyak)
- Accessible (dapat diakses)
- Differentiable (dapat dibedakan)
- Actionable (dapat dilayani)
- Sementasi geografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan lokasi geografis misalnya suatu desa, kota, provinsi, ataupun negara.
- Segmentasi demografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kondisi demografis misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan pekerjaan.
- Segementasi psikografis adalah adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kelompok gaya hidup tertentu.
- Segmentasi perilaku adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan tingkah laku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi suatu produk.
Undifferentiated Marketing
Undifferentiated marketing merupakan sebuah kegiatan dimana bisnis melakukan penelitian pada pasar global dan fokus pada bagaimana sebuah produk dikemas untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Strategi ini bertujuan agar perusahaan mampu menyesuaikan kebutuhan konsumen dalam upaya untuk penghematan ongkos produksi perusahaan. Ini juga menjadi sebuah cara untuk menentukan strategi go-to-market Anda agar audiens mau membeli produk Anda ditengah beragamnya kompetitor.
Differentiated Marketing
Differentiated marketing adalah sebuah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan identifikasi terhadap sebuah kelompok audiens dengan membaginya kepada beberapa kelompok. Ketika menggunakan strategi ini, maka perusahaan harus mampu untuk menghadirkan produk yang berbeda dari masing-masing target pasar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang dimiliki.
Concentrated Marketing
Concentrated marketing adalah sebuah strategi targeting pasar yang fokus pada pemasaran sebuah produk kepada satu target pasar yang memiliki klasifikasi sebagai audiens potensial dan berpeluang melakukan pembelian. Strategi ini bertujuan untuk memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya. Pemasaran ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat kegiatan pemasaran dengan mengkhususkan produk, promosi dan penjualan.
STP dari produk Lunch Box Jemari Gandum
- Segmentasi demografis dari makanan ini ditujukan untuk semua kalangan dari anak muda sampai orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Harga dari produk ini juga terjangkau yaitu sekitar Rp 75.000- Rp 100.000.
- Segmentasi geografis dari produk ini dapat ditemukan di sekolah maitreyawira, dan juga dapat dicari di belanja secara online contohnya tokopedia, shoppe dll.
- Segmentasi psikografis ditargetkan ke semua kalangan, baik mengengah kebawah dan juga ke atas.
- Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang membutuhkan bekal untuk makanan terutama untuk ibu-ibu yang suka membeli/megoleksi bekal tempat makanan.
- Ditujukan terutama untuk ibu-ibu yang suka membeli/membuthkan bekal tempat untuk makanan, dijual di sekolah smk Maitreyawira.
- Produk lunch box jerami gandum ini menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.
3. Marketing Mix
Sales promotion merupakan kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang atau jasa.
2. Place (tempat)
Untuk tempat/lokasi berada di komplek maha vihara batam di gedung smk maitreyawira. produk ini juga di promosikan melalui instagram dengan nama luckysmw.mart.
3. Price (harga)
Produk ini di promosikan melalui instagram, dengan ini kami dapat menghemat biaya untuk promosi dan juga dapat meningkatkan jangkauan usaha dalam promosi produk ini.
5. People (orang)
Konsumen merupakan prioritas utama kami, jadi kami akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan konsumen lama dan menarik konsumen baru, yaitu dengan fast respon terhadap konsumen yang ingin membeli produk kami, dan juga kami memberikan salam terlebih dahulu kepada konsumen yang ingin membeli.
6. Physical Evidence (bukti fisik)
7. Process (proses)
https://solo.co.id/wp-content/uploads/2023/08/Proses-Bisnis.jpeg
Tunggu apalagi? langsung pesan melalui Instagram @luckysmwmart atau bisa langsung datang ke toko BDP Yang terletak di komplek maha vihara batam.
Selamat BERBELANJA!!
dikutip dari:
https://mtarget.co/blog/pengertian-manfaat-dan-strategi-targeting-pasar/?hl=in_ID
https://www.gramedia.com/literasi/marketing-mix/
Komentar
Posting Komentar