Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum

Lunch Box Jerami Gandum

Halo guys kali ini saya akan membahas tentang produk Lunch Box Jerami Gandum, sesuai dengan namanya Lunch box ini adalah kotak tempat makan yang cantik dan elegan. 
selanjutnya saya akan membahas terkait strategi pemasaran Analisis swot, STP dan Marketing mix secara umum dari produk Lunch Box Jerami Gandum.

1. Analisis Swot 

Apa itu Analisis Swot?

SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. 

Berikut adalah contoh gambar produk dari Lunch Box Jerami Gandum.


Selanjutnya adalah Analisis Swot dari Lunch Box Jerami Gandum

1. Streght (kekuatan)

  • Dibuat dari Bahan berkualitas dan ramah lingkungan dengan teknologi bioplastik sehingga aman untuk digunakan.
  • Memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 1000 ml.
  • Memiliki pengunci yang kuat sehingga tidak mudah tumpah.
  • Memiliki bahan yang tebal.
  • Ada tempat khusus untuk menaruh sendok sehingga lebih praktis.
2. Weakness (kelemahan)
  • Sendoknya terbuat dari plastik sehingga kurang efektif jika ingin memotong daging.
3. Opportunities (peluang)
  • Memiliki 3 varian warna yang cantik yaitu biru, pink, dan juga hijau.
  • Memiliki bahan yang tebal dan bisa tahan di microwave dampai dengan 100 derajat celcius.
  • Memiliki harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 75.000- Rp 100.000

    4. Threats (ancaman)

    • Produknya kurang dikenal di masyarakat.

    2. STP (Strategi, Targeting, Positioning)

    Pengertian dari Stp

    STP adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu. STP yang digunakan sebagai proses penetapan yang harus dilalui pada tahapan pembuatan bisnis.

    segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

    Syarat segmentasi yang efektif pada STP:
    1. Measurable (terukur)
    2. Substansial (banyak)
    3. Accessible (dapat diakses)
    4. Differentiable (dapat dibedakan)
    5. Actionable (dapat dilayani)
    Pengelompokan dari segmenting: 

    1. Sementasi geografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan lokasi geografis misalnya suatu desa, kota, provinsi, ataupun negara. 
    2. Segmentasi demografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kondisi demografis misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan pekerjaan. 
    3. Segementasi psikografis adalah adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kelompok gaya hidup tertentu. 
    4. Segmentasi perilaku adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan tingkah laku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi suatu produk.
    2. Penentuan Pasar Sasaran (targeting)
    setelah mengidentifikasi segmentasi pasar langkah selanjutnya adalah mengevaluasi untuk menargetkan pasar agar sesuai kebutuhan konsumen dan laku dipasaran. ada beberapa penerapan yang bisa dapat dilakukan diantaranya:

    Undifferentiated Marketing

    Undifferentiated marketing merupakan sebuah kegiatan dimana bisnis melakukan penelitian pada pasar global dan fokus pada bagaimana sebuah produk dikemas untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Strategi ini bertujuan agar perusahaan mampu menyesuaikan kebutuhan konsumen dalam upaya untuk penghematan ongkos produksi perusahaan. Ini juga menjadi sebuah cara untuk menentukan strategi go-to-market Anda agar audiens mau membeli produk Anda ditengah beragamnya kompetitor.

    Differentiated Marketing

    Differentiated marketing adalah sebuah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan identifikasi terhadap sebuah kelompok audiens dengan membaginya kepada beberapa kelompok. Ketika menggunakan strategi ini, maka perusahaan harus mampu untuk menghadirkan produk yang berbeda dari masing-masing target pasar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang dimiliki.

    Concentrated Marketing

    Concentrated marketing adalah sebuah strategi targeting pasar yang fokus pada pemasaran sebuah produk kepada satu target pasar yang memiliki klasifikasi sebagai audiens potensial dan berpeluang melakukan pembelian. Strategi ini bertujuan untuk memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya. Pemasaran ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat kegiatan pemasaran dengan mengkhususkan produk, promosi dan penjualan.

    3. Penentuan Produk (positioning)
    https://vocasia.id/blog/wp-content/uploads/2021/11/brand-positioning-.jpeg
    positioning adalah strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak konsumen agar brand mengandung arti tertentu dan mencerminkan keunggulan terhadap produk serta merek dalam bentuk hubungan asosiatif. Positioning dilakukan sesuai dengan segmen pasar yang dipilih pada targeting. Representasi produk dalam positioning dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik segmen pasar. Sehingga calon konsumen dalam segmen pasar tersebut merasa terkait dengan produk perusahaan atau merasa sesuai dengan kebutuhannya.

    STP dari produk Lunch Box Jemari Gandum 

    1. Segmenting
    • Segmentasi demografis dari makanan ini ditujukan untuk semua kalangan dari anak muda sampai orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Harga dari produk ini juga terjangkau yaitu sekitar Rp 75.000- Rp 100.000.
    • Segmentasi geografis dari produk ini dapat ditemukan di sekolah maitreyawira, dan juga dapat dicari di belanja secara online contohnya tokopedia, shoppe dll. 
    • Segmentasi psikografis ditargetkan ke semua kalangan, baik mengengah kebawah dan juga ke atas.
    • Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang membutuhkan bekal untuk makanan terutama untuk ibu-ibu yang suka membeli/megoleksi bekal tempat makanan.
    2. Targeting
    • Ditujukan terutama untuk ibu-ibu yang suka membeli/membuthkan bekal tempat untuk makanan,  dijual di sekolah smk Maitreyawira.
    3. Positioning 

    • Produk lunch box jerami gandum ini menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.
    Deskripsi produk

    Usaha yang menyediakan tempat makan yang berkualitas tinggi dan memudahkan konsumen untuk membawa bekal makanan agar lebih praktis. Produk ini merupakan produk yang ramah lingkungan karna terbuat dari bahan organik yaitu jerami gandum, sehingga aman untuk digunakan sehari-hari. 


    3. Marketing Mix


    APA ITU MARKETING MIX?

    Marketing mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan. 

    Marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix 7P. Konsep ini dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, yaitu physical evidence, people, dan process. Konsep marketing mix tidak hanya dapat digunakan untuk memajukan bisnis lama, melainkan juga mengembangkan bisnis baru.

    Tujuan Marketing mix

    1. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
    Direct marketing adalah suatu bentuk sistem pemasaran interaktif yang dapat digunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan atau transaksi yang dapat diukur di suatu lokasi.
    2. Adversiting (Periklanan)
    periklanan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk barang maupun jasa kepada target konsumen agar mampu meningkatkan penjualan.
    3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

    Sales promotion merupakan kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang atau jasa.

    Marketing Mix Lunch Box Jerami Gandum

    1. Product (produk)

    Produk yang dijual adalah bekal makanan. Produk ini terbuat dari Serat Jerami Gandum didaur ulang dengan teknologi Bioplastik sehingga aman dan ramah lingkungan untuk produk makanan. Dimensinya juga ringkas dan bobot ringan sehingga praktis saat dibawa bepergian. Produk ini kedap udara, jadi bawa bekal ke mana saja akan terasa mudah.

    2. Place (tempat)

    Untuk tempat/lokasi berada di komplek maha vihara batam di gedung smk maitreyawira. produk ini juga di promosikan melalui instagram dengan nama luckysmw.mart.

    3. Price (harga)

    Produk ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 75.000-Rp 100.000. Dengan ini kami harap pembeli dapat membeli produk ini dan tidak merasa rugi karena dibuat dengan bahan yang bagus dan juga ramah lingkungan dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

    4. Promotion (promosi)


    Produk ini di promosikan melalui instagram, dengan ini kami dapat menghemat biaya untuk promosi dan juga dapat meningkatkan jangkauan usaha dalam promosi produk ini.

    5. People (orang)

    https://niagaspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/blog/wp-content/uploads/2021/11/29223259/ilustrasi-sdm-1536x795.png

    Konsumen merupakan prioritas utama kami, jadi kami akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan konsumen lama dan menarik konsumen baru, yaitu dengan fast respon terhadap konsumen yang ingin membeli produk kami, dan juga kami memberikan salam terlebih dahulu kepada konsumen yang ingin membeli. 

    6. Physical Evidence (bukti fisik)

    Produk ini dibuat dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran 18.3 x 12 x 8 cm. Produk ini juga dikemas menggunakan kardus sehingga tidak lecet saat membeli produknya. Produknya juga terlihat simple dan bagus yang diatasnya ada tempat untuk menaruh sendok agar lebih praktis.

    7. Process (proses)

    https://solo.co.id/wp-content/uploads/2023/08/Proses-Bisnis.jpeg

    Proses yang kami lakukan yaitu dengan memilih supplier yang tepat agar harganya dapat bersaing dengan kompetitor dan agar harganya sesuai dengan pasaran.

    Tunggu apalagi? langsung pesan melalui Instagram  @luckysmwmart atau bisa langsung datang ke toko BDP Yang terletak di komplek maha vihara batam.
                 
    Sekian dari blog marketing mix usaha saya yaitu Lunch Box Jerami Gandum, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan tinggalkan pesan di komentar.

    Selamat BERBELANJA!! 

    dikutip dari:

    https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/16/100000669/mengenal-segmenting-targeting-dan-positioning-stp-dalam-pemasaran?hl=in_ID

    https://mtarget.co/blog/pengertian-manfaat-dan-strategi-targeting-pasar/?hl=in_ID

    https://www.gramedia.com/literasi/marketing-mix/

    https://shopping.tribunnews.com/2023/04/07/5-rekomendasi-lunch-box-berbahan-jerami-gandum-wadah-bekal-ramah-lingkungan-dan-microwave-safe






    Komentar