Marketing Mix BBC

 MARKETING MIX 


https://justtellstories.com/wp-content/uploads/2020/09/7Ps-model.jpg

Haloo guyss! kembali lagi bersama Block-block Chocolate, kami akan membahas mengenai marketing mix dari usaha kami yaitu coklat. 

APA ITU MARKETING MIX?

Marketing mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan. 

Marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix 7P. Konsep ini dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, yaitu physical evidence, people, dan process. Konsep marketing mix tidak hanya dapat digunakan untuk memajukan bisnis lama, melainkan juga mengembangkan bisnis baru.

Tujuan Marketing mix

1. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
Direct marketing adalah suatu bentuk sistem pemasaran interaktif yang dapat digunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan atau transaksi yang dapat diukur di suatu lokasi.
2. Adversiting (Periklanan)
periklanan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk barang maupun jasa kepada target konsumen agar mampu meningkatkan penjualan.
3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Sales promotion merupakan kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang atau jasa.

Marketing Mix Block-block Chocolate

        1Product (produk)


Produk yang kami tawarkan ini berupa makanan yang terbuat dari coklat asli. Coklat ini memiliki rasa pahit diawal dan manis ketika digigit. cokelat ini menarik di mata konsumen karena di taburi choco powder sehingga enak dan kenyal saat di makan.

        2. Place (Tempat)
https://lemoot.com/engine/wp-content/uploads/2018/09/Cara-Mudah-Membagikan-Video-dari-Instagram-ke-WhatsApp6.jpg

Untuk tempat/lokasi usaha kami, berada di Kintamani Blok B No. 5 yaitu tepat di depan Vihara Maitreyawira. Kita menggunakan media online untuk mempromosikan produk kita yaitu dengan aplikasi Instagram dan juga Whattshap.

        3. Price (Harga)
https://i1.wp.com/www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2014/09/Serba-Serbi-Harga.jpg?fit=507%2C253&ssl=1

Untuk harga dari produk kami yaitu Rp 15.000 dan cukup terjangkau. Dengan harga ini kami harap para konsumen dapat membeli lagi dan para konsumen tentunya tidak akan merasa rugi karena memperoleh rasa coklat yang enak dikonsumsi.

        4. Promotion (promosi)

Kami mempromosikan coklat kami dengan menggunakan Whatsapp dan Instagram. Dengan ini cara promosi ini dapat menghemat modal kami dalam membuka usaha dan meningkatkan jangkauan usaha kami dalam mempromosi produk kami, sehingga banyak orang dapat menikmati coklat yang kami buat.

        5. People (Orang)

https://niagaspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/blog/wp-content/uploads/2021/11/29223259/ilustrasi-sdm-1536x795.png

Konsumen merupakan prioritas utama kami, jadi kami akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan konsumen lama dan menarik konsumen baru, yaitu dengan fast respon terhadap konsumen yang ingin membeli produk kami, dan juga kami mengucapkan salam terlebih dahulu kepada konsumen yang ingin membeli. kami juga mengantar pesanan yang dibeli hal ini dilakukan demi menjaga kepuasan konsumen dan memberikan rasa puas kepada konsumen.

        6. Physical Evidence (Bukti Fisik)

 

Kemasan dari produk kami merupakan kotak yang berbentuk kubus kecil, dan ditempel stiker berupa label dari usaha kami. Oleh karena itu, produk kami akan terlihat menarik di mata konsumen.

        7. Process (Proses)
https://solo.co.id/wp-content/uploads/2023/08/Proses-Bisnis.jpeg

Proses kami dalam menjalankan usaha yaitu yang pertama kita lakukan adalah mempromosikan produk kami melalui aplikasi Instagram dan juga Whatshap kemudian kami membuat batas pemesanan yaitu 30 pesanan kemudian setelah dipesan kami akan melakukan proses produksi dan kemudian membawanya ke sekolah untuk diantarkan ke murid-murid yang telah memesan Block-Block Chocolate kami.

Tunggu apalagi? langsung pesan melalui Instagram  @bbchoco.id atau Whatsapp 082269786336
             
Sekian dari blog marketing mix usaha saya yaitu Block-block Chocolate, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan tinggalkan pesan di komentar.

Selamat BERBELANJA!!


Dikutip dari:






Komentar